INDAHNYA BUKIT LITENG




 Salah satu pesona alam yang ada di kabupaten Sambas adalah Bukit Liteng Paloh. Tempat wisata yang sempat viral keberadaannya di media sosial awal bulan januari 2017 ini merupakan salah satu pilihan destinasi bagi para pengunjung untuk berselfi dan menikmati keindahan pemadandangan yang ada di bukit ini yang menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Bagaimana tidak, cerita yang tersebar di dunia maya tentang pesonanya membuat para netizen tertarik untuk datang mengeksplorasi bukit tersebut yang terletak di dusun Cempaka, desa Nibung,kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Untuk Anda yang berasal dari luar daerah Sambas untuk menuju ke Bukit Liteng, Anda bisa memulainya dari kota sambas menuju Desa Nibung, kecamatan Paloh dengan menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 30 Km. dan Anda akan melewati penyebrangan sungai Tanjung-Teluk Kalong dengan biaya penyebrangan seharga 5000-8000 per sepeda motor yang ada di desa Sekura, Kec. Teluk Keramat.
Medan tempuh untuk menuju Bukit Liteng ini tidak terlalu sulit karena pengunjung dapat langsung menggunakan sepeda motor dari desa nibung menuju tempat lokasi dengan jarak kurang lebih 4 kilometer. dan di sarankan agar pengunjung datang disaat cuaca cerah saja karena, kalau cuaca lagi hujan, jalan yang ditempuh menjadi agak sulit disebabkan jalan tanah yang becek dan licin membuat perjalanan akan terganggu.  
Dalam Jalur tempuhnya, Anda akan melewati hutan yang sejuk dan jalan yang menanjak serta bebatuan. Dalam perjalanan ini Anda juga akan disuguhi dengan udara yang segar dan kicauan burung-burung yang membuat Anda merasa nyaman. Walaupun jalan yang dilalui terbilang masih alami atau di anggap masyarakat masih jalan tikus, para pengunjung tidak perlu khawatir karena jalan yang dilalui cukup nyaman karena seringnya orang yang telah berkunjung ditempat ini. dianjurkan bagi para pengunjung untuk membawa air minum dan makanan  secukupnya, karena saat tiba dilokasi, Anda tidak menemukan adanya kantin, warung, atau tempat sejenisnya.
Setelah tiba dilokasi, pengunjung akan mendaki keatas bukit dari tempat parkiran kendaraan sekitar kurang lebih 300 meter saja dan pengunjung akan di permudah dengan petunjuk arah lokasi serta jalan pendakian yang dibuat menyerupai anak tangga untuk mencapai atas bukit. Setelah sampai nya di atas bukit Liteng, Anda akan di manjakan dengan berbagai pemandangan alam yang bisa disaksikan di atas Bukit Liteng yang begitu indah.

Subhanallah... begitu indah ciptaanmu ya Allah !!! Cantiknya alam Bukit Liteng dengan hamparan bebatuan dan rumput-rumput hijau yang menyelimuti permukaan bukit membuat tempat objek wisata ini begitu indah.
Selain Bukit Liteng Paloh, ada juga tempat objek wisata lain yang ada Kabupaten Sambas diantaranya, Pantai indah temajuk, Air Terjun berasap Sajingan, Batu Bejamban, Gua Santok, Pantai Kahona Jawai, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar